Pilih Laman

Kebanyakan klien yang saya temui cenderung bingung dengan penerapan SOP yang telah dimiliki perusahaan kepada setiap anggota team. Padahal setelah melakukan review,  jika SOP tersebut diterapkan, sungguh akan sangat membantu peningkatan efisiensi. Salah satunya adalah dengan mengukur kelebihan atau kekurangan jumlah anggota team, yang dipekerjakan tanpa memperhatikan beban kerja dan jumlah tenaga kerja yang diperlukan untuk satu divisi atau bisnis unit tertentu dalam perusahaan.

Apa itu SOP ? Arti SOP atau Standar Operasional Prosedur yakni merupakan dokumen yang berkaitan dengan standar prosedur dalam perusahaan yang dilakukan secara kronologis untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang lebih efektif dan efisien dengan biaya yang serendah-rendahnya.

Coba Anda lakukan riset, apakah sudah tepat memiliki 3 orang staff bagian admin support untuk membantu meng-handle 5 orang Manager ?

Cara terpraktis untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut adalah dengan mencoba menerapkan setiap SOP yang telah disusun, sesuai business process perusahaan kepada Admin Support, juga kepada si Manager. Yakinkan bahwa SOP yang ada telah benar-benar dipahami dan dimengerti oleh pengguna.

Perusahaan anda apakah telah menerapkan SOP dengan tepat ? Jangan sampai SOP yang selama ini Anda miliki belum benar-benar dipahami oleh seluruh karyawan.

Silahkan konsultasikan dengan kami melalui hotline kami di 0812-10005154