Perkembangan Bisnis StartUp Tahun 2019 di Indonesia

Perkembangan StartUp

Dunia startup semakin berkembang di Indonesia akhir-akhir ini. Berbagai kisah sukses dari startup lokal seperti Gojek, BukaLapak, atau Traveloka, menjadi pemicu semangat munculnya startup-startup baru.

Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak startup baru bermunculan. Sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 startup lokal yang ada di Indonesia, dikutip dari Daily Social. Potensi pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun juga menjadi pendorong pendirian sebuah perusahaan startup.

Definisi StartUp

Sebenarnya apa itu startup? Banyak definisi yang agak berbeda dalam menjelaskan arti startup. Terutama dari cara mengategorikan mana yang masih dianggap sebuah startup dan mana yang bukan. Banyak juga yang menghubungan startup dengan sisi teknologi.

Sebuah bisnis yang bukan didukung oleh faktor teknologi yang kuat, maka dianggap itu adalah sebuah rintisan usaha biasa (UKM). Salah seorang Founder partner dari 500Startup  menjelaskan bahwa sebuah Startup adalah rintisan usaha yang masih belum jelas akan produknya, siapa customernya, dan bagaimana model bisnisnya. Artinya sewaktu-waktu mereka mampu  melakukan perubahan terhadap hal-hal tersebut jika dibutuhkan.

Biasanya kita temui suatu startup seperti ini dimotori oleh anak-anak muda yang memiliki idealisme yang tinggi namun belum banyak pengalaman dari sisi pengelolaan usaha. Oleh karena itu seringkali peran pendamping dibutuhkan. Banyak inkubator bermunculan untuk mencoba membantu arah pengembangan startup tersebut. Mereka biasanya mendukung dari sisi pembiayaan sekaligus mentorship.

Pemerintah kini juga memberikan perhatian khusus pada perkembangan startup di Indonesia, seperti program yang diperkenalkan oleh Presiden Jokowi dalam dalam kunjungannya ke Sillicon Valley, Amerika serikat beberapa waktu lalu. Program tersebut adalah 1000 startup baru di Indonesia, dimana melalui project 1000 Startup ini perkembangan startup dan para technopreneur di tanah air akan memiliki peta jalan pembinaan yang jelas lewat berbagai program seperti seminar, workshop pelatihan, kompetisi hackathon, bootcamp dan inkubasi.

Model bisnis StartUp

Berbicara mengenai model bisnis yang ada pada StartUp, secara umum dapat dikategorikan menjadi gratis, premium, dan berbayar.

Model Gratis

artinya mereka tidak mengenakan biaya untuk penggunanya, tapi mengambil keuntungan dari adanya kerjasama periklanan.

Model Berbayar

artinya keuntungan didapatkan dari pembelian pengguna atas produk atau layanan aplikasi mereka. Sedangkan PREMIUM menggabungkan fitur gratis dan berbayar. Pengguna dapat menikmati fitur dasar dari layanan yang disediakan, tetapi mereka harus membayar untuk menikmati berbagai fitur tambahan. Biasanya startup games banyak menggunakan model ini. Karena pengguna ingin mencoba dulu games yang bersangkutan sebelum membayar jika mereka menyukainya.

Yang perlu kita persiapkan adalah dengan adanya perkembangan teknologi membuat banyak perubahan dalam model bisnis tradisional. Banyak peluang baru bermunculan, tapi juga tantangan besar harus dihadapi. Banyak model bisnis yang hancur karena tidak mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan. Jangan sampai usaha kita juga terhanyut dengan menjadi korban dari perkembangan teknologi.

Demikianlah informasi mengenai Perkembangan Bisnis StartUp di Indonesia, semoga bermanfaat.

Jika butuh bantuan terkait dalam manage Perusahaan StartUp, tata laksana kegiatan perkantoran. Konsultasikan bersama dengan team profesional kami di Aturkantorku@gmail.com atau Hotline WA ke 0812-10005154.

Aturkantorku, corporate secretary firm.

Baca juga artikel lainnya, disini

Share This