Keseimbangan antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Seberapa Realistiskah Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi ?

Bagi seseorang yang bekerja dalam industri hukum, bagaimana makna “keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personal” bagi Anda ? Apakah pernyataan ini memberikan gambaran mengenai sesuatu yang telah Anda miliki atau hanya mengingatkan Anda mengenai sesuatu yang tampaknya sangat tidak ….. mungkin ?

Apapun yang terbayangkan dari pernyataan tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa konsep keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi sangatlah luar biasa. Namun, apakah hal itu realistis ?

Jadi, inilah idenya. Bagaimana kalau kita berusaha keras untuk menyelaraskan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi ? Inilah 3 (tiga) skenario, dimana kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara yang dapat Anda lakukan untuk menyelaraskan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda.

Mengapa Keseimbangan Antara Pekerjaan – Kehidupan Pribadi Sulit Terjadi

Pada dasarnya “keseimbangan antara pekerjaan – kehidupan pribadi” menempatkan Anda pada tekanan berat diantara kehidupan pekerjaan Anda dan kehidupan personal Anda, setiap waktunya, setiap hari. Hal ini membuktikan bahwa konsep ini sangat sulit untuk diimplementasikan.

Akan ada hari dimana pekerjaan Anda menuntut prioritas dibandingkan aspek kehidupan lainnya. Dimana klien Anda membutuhkan perhatian Anda yang tidak terbagi dengan yang lainnya untuk mempersiapkan gugatan / klaim. Meeting siang hari atau sore hari dengan klien yang akan membeli rumah baru. Dimana hal-hal tersebut, menyita waktu Anda untuk meneliti artikel dan bab untuk memastikan beberapa norma hukum pertanahan yang kabur (multitafsir) dalam sejumlah kasus. Apapun alasannya, akan selalu ada kalanya bahwa Anda menetapkan seluruh waktu dalam keseharian Anda untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaan Anda.

Terkadang Anda juga mendapat waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadi Anda

Demikian pula, tentu akan ada waktu dimana pekerjaan Anda dapat senggang, dimana klien Anda tidak se-aktif- biasanya pada beberapa waktu dalam kurun setahun (bermain bola salju, ayo?), sehingga Anda mendapatkan fleksibilitas. Anda mengambil waktu libur dan pasangan Anda mengatakan ini saatnya untuk kembali saling berhubungan, cukup Anda berdua saja, tanpa gangguan dari telepon genggam. Salah seorang anggota famili tentunya membutuhkan sedikit rasa kasih sayang dan perhatian dari Anda. Akan ada saatnya dimana Anda dapat lebih memberikan banyak waktu pada kehidupan pribadi Anda.

Jadi daripada berusaha keras untuk sesuatu yang tampaknya sulit diterapkan, bagaimana jika kita mengalihkan perhatian kita kepada sesuatu yang lebih mudah untuk diterapkan ? Sebagai suatu bagian dari masyarakat, kita harus mempertimbangkan cara untuk mencapai integrasi antara pekerjaan dan kehidupan personal. Apa sajakah hal itu, kamu bertanya ? Baca untuk mendapatkannya !

Mengusahakan Integrasi dalam Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Integrasi dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah pendekatan yang merangkum seluruh aspek dalam kehidupan – baik itu pekerjaan, rumah atau keluarga, komunitas, pribadi dan kesehatan menjadi pertimbangan. Ini adalah tentang menemukan sinergisitas yang selaras diantara segala aspek yang kamu temukan sebagai hal yang paling penting. Bagaimana ? Ya dengan penggunaan teknologi untuk menghubungkan antara pekerjaan Anda dengan kehidupan pribadi Anda.

Teknologi, kemudahan untuk berkolaborasi dan bekerja virtual

Apa maksud dari pernyataan ini ? Ya, teknologi telah membuka serta memberikan banyak kemudahan bagi kita untuk berkolaborasi dan bekerja secara virtual, khususnya di beberapa tahun belakangan ini dan kemajuan ini membuka banyak cara yang baru dan lebih luas untuk mendapatkan keuntungan dari jadwal kerja yang lebih fleksibel. Mari pertimbangkan beberapa hal ini :

  1. Kecanggihan panggilan video konferensi telah berkembang sehingga ketika Anda mengadakan sesi brainstorming (bertukar pikiran) dengan klien, teknologi memberikan Anda kemudahan untuk melakukannya dimana saja. Tanpa Anda perlu untuk melakukan pertemuan secara face – to – face (langsung).
  2. Setiap telepon genggam memiliki kemampuan data yang dapat memberikan Anda akses yang instan untuk terhubung dengan Internet hanya dengan ujung jari Anda. Jauh sekali ketika internet hanya dapat diakses melalui kabel dan Anda hanya perlu untuk terhubung secara fisik hanya untuk memeriksa surel Anda.
  3. Koneksi wifi memberikan Anda peluang untuk mengubah berbagai tempat menjadi kantor kamu – dimana seluruh dokumen atau file yang tersimpan dalam platform berbasis sistem Cloud, yang dapat diakses via Internet atau koneksi data dari berbagai perangkat, kapanpun.

Banyak dari teknologi sekarang ini yang memperhitungkan integrasi dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi dibanding aspek lainnya. Dengan teknologi, dimungkinkan sebuah kolaborasi yang bermanfaat untuk siapapun dalam satu waktu.

2 Kombinasi Media Yang Dapat Membantu Meningkatkan Integrasi Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Teknologi telah memberikan kita cara bekerja yang baru. Mari kita sedikit melihat lebih dalam bagaimana kolaborasi media ini, yaitu Microsoft Teams dan SharePoint – yang dapat membantu untuk meningkatkan integrasi antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Integrasi Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi dengan Microsoft Teams

Anda diminta untuk membantu penyelesaian sebuah warisan bagi seorang janda yang baru saja meninggal dan ada beberapa anggota keluarga yang tinggal di luar kota yang harus dapat Anda jangkau, namun mereka tidak dapat mengunjungi Anda di kantor. Lebih buruk lagi, beberapa dari mereka berada di zona waktu yang berbeda dengan Anda. Jadi, apa yang dapat Anda lakukan ?

MICROSOFT TEAMS

Microsoft Teams untuk Office 365 adalah sistem penyampaian pesan berbasis Cloud dan merupakan solusi untuk berkolaborasi, dimana bertindak sebagai ruang kerja utama Anda. Dengan Microsoft Teams, Anda dapat berkomunikasi dengan anggota tim dan klien melalui media yang mampu menyediakan ruang obrolan secara individu atau grup, mengatur sistem pembagian dokumen dan kolaborasi dalam waktu yang nyata, sehingga ketika dihubungkan dengan sistem telepon, rencana panggilan atau perutean langsung, Anda dapat meng-host panggilan suara bahkan video juga.

Karena Microsoft Teams tersedia sebagai aplikasi di perangkat seluler Anda dan juga di laptop atau desktop Anda, seluruh anggota famili yang berada di zona waktu yang berbeda dapat terhubung dengan Anda kapanpun Anda mau. Punya waktu sementara Anda menunggu putri Anda menyelesaikan latihan renangnya ? Ambil dokumen yang mereka inginkan Anda lihay dan bicarakan dengan mereka melalui aplikasi Teams dalam ponsel Anda.

Integrasi Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Menggunakan Share-Point

Anda merupakan Junior Partner dalam firma hukum boutique, dan akhirnya Anda bisa pergi berlibur karena memang Anda membutuhkannya. Anda sata ini berada di bandara, menunggu untuk terbang. Lalu kemudian Anda mendapat notifikasi di ponsel Anda dari teman Anda, Junior Partner lain yang bertanya kepada Anda apakah Anda memiliki waktu luang di bandara untuk memeriksa pernyataan tersumpah (deposisi) sebelum pada akhirnya mitra Anda tersebut mengirimkannya kepada Senior Partner tempat Anda bekerja. Anda hanya memiliki satu jam sebelum penerbangan Anda dan Anda memutuskan untuk membantunya.

MICROSOFT SHARE POINT

Hanya dengan menggunakan aplikasi Microsoft Share Point dalam ponsel Anda, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan kembali dokumen tersebut kepadanya. Untung sekali karena Anda menemukan tiga kesalahan pengetikan di dalam dokumen tesebut. Anda menyimpan dokumen tersebut di ponsel Anda dan kemudian mengirimkannya kepadanya. Inilah bentuk integrasi antara Pekerjaan dan Kehidupan pribadi – dimana Anda dapat berbagi dan melakukan pekerjaan Anda saat Anda bisa.

Demikianlah informasi mengenai Work Life Integration, semoga dapat bermanfaat.

JasaParalegal, your executive legal assistant.

Share This