ISO dan Mengapa Penting Bagi Dunia Bisnis

Definisi

ISO, sebuah istilah yang semakin penting dalam dunia bisnis. Terlebih dulu mari kita mengenal lebih dalam mengenai ISO ini.

International Organization for Standardization atau yang kita kenal dengan ISO, merupakan suatu organisasi di luar pemerintahan yang bersifat global yang terdiri dari badan-badan standardisasi nasional yang beranggotakan tidak kurang dari 140 negara.  Misi dari asosiasi ini adalah untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan standardisasi usaha atau bisnis,dengan harapan dapat membantu perdagangan internasional serta membantu pengembangan kerjasama secara global di bidang teknologi, ekonomi maupun ilmu pengetahuan. Kegiatan dari International Organization for Standardization yaitu menghasilkan kesepakatan internasional yang kemudian dipublikasikan sebagai suatu standar internasional yang hingga kini berlaku. Kesepakatan tersebut berupa spesifikasi dan kriteria yang dapat diaplikasikan secara konsisten dalam menjalankan suatu kegiatan bisnis.

Pentingnya Standar ISO

Lalu, mengapa standar ini menjadi penting di dunia usaha?

Dengan adanya suatu standar internasional yang terwujud dalam sebuah sertifikasi yang dimiliki tiap perusahaan maka mereka memiliki hal-hal berikut :

  • Meningkatnya kepercayaan pelanggan dan kredibilitas perusahaan

Misalkan bagi perusahaan yang telah memiliki sertifikasi International Organization for Standardization 9001 yaitu Sistem Manajemen Mutu, melalui penerapannya tersebut maka dapat memberikan jaminan kualitas dan kredibilitas dari perusahaan mereka. Kredibilitas yang dapat dilihat oleh klien/pelanggan dari suatu perusahaan tersebut dimana mereka telah memiliki prosedur yang terstandar apabila menemukan suatu hal yang tidak sesuai , maka dapat segera diantisipasi, hal ini yang dapat memberikan nilai positif pada kepuasan pelanggan.

  • Kinerja karyawan yang lebih optimal

Ketika perusahaan memiliki Sistem Manajemen Mutu yang terstandar, seluruh mutu dan prinsip ini berlaku bagi seluruh level pekerja di perusahaan. Hal ini dapat memacu karyawan untuk selalu menjaga kualitas kinerja, produktivitas dan efisiensi sesuai standar International Organization for Standardization yang telah ditetapkan

  • Meningkatnya Imej Perusahaan

Ketika suatu perusahaan sudah memiliki sertifikat ISO, hal ini dapat meningkatkan imej perusahaan menjadi lebih positif. Hal ini menjadi keuntungan bagi perusahaan karena memiliki peluang bagi perusahaannya untuk semakin dikenal sebagai perusahaan yang terpercaya.

  • Jaminan kualitas standar internasional

Dikarenakan International Organization for Standardization merupakan suatu standar internasional, hal ini menjamin kualitas dari perusahaan, dimana perusahaan akan melalui siklus yang merupakan prinsip internasional. Siklus dalam standar International Organization for Standardization itu mencakup analisa, identifikasi hingga eksekusi penyelesaian masalah guna menjamin mutu management.

  • Mencegah kemungkinan pemborosan

Ketika standar ISO telah diterapkan perusahaan, memungkinkan mereka mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh.  Sehingga ketika terindikasi sebuah produk maupun jasa memiliki kegagalan atau adanya kinerja yang menurun maka dapat segera dilakukan antisipasi. Dengan adanya antisipasi awal tersebut maka secara tidak langsung dapat mencegah adanya kemungkinan pemborosan anggaran produk atau kinerja yang buruk.

Standar ISO yang perlu dimiliki

Beberapa Standar yang perlu dimiliki perusahaan, antara lain :

  • ISO 9001 ; yaitu standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu, International Organization for Standardization ini lebih berisikan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan, tetapi kembali diserahkan kepada perusahaan mengenai cara pemenuhannya tergantung jenis usaha atau bisnis mereka.
  • ISO 14001 ; yaitu suatu yang berkaitan dengan system manajemen lingkungan. Bagi organisasi yang menerapkan system ini harus dapat mengindentifikasi aspek maupun dampak lingkungan yang dapat ditimbulkan dari operasional usahanya. Melalui standar ini maka organisasi dapat terbantu dalam memperbaiki kinerja lingkungan melalui penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan pengurangan limbah.
  • ISO 22000 ; Merupakan suatu standar yang berkaitan dengan system manajemen keamanan pangan. Standar ini dimaksudkan untuk mendefinisikan persyaratan manajemen keamanan pangan bagi perusahaan yang perlu memenuhi dan juga melampaui peraturan keamanan pangan di seluruh dunia, satu standar yang mencakup semua kebutuhan konsumen dan pasar.
  • ISO 27001 ; atau bisa disebut dengan IEC 27001 merupakan standar system manajemen keamanan system informasi  yang banyak diterapkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi IT dan sejenisnya. Standar ini dapat memberikan gambaran secara umum mengenai apa yang harus dilakukan suatu perusahaan dalam usaha mereka mengimplementasikan konsep keamanan informasi dalam bisnis mereka tersebut.

Baca juga : Kewajiban Perusahaan Fintech P2P dalam Sertifikasi ISO 27001

Demikian beberapa pengertian dasar mengenai jenis-jenis ISO yang semakin banyak dibutuhkan oleh setiap organisasi maupun perusahaan. Semua standar tersebut membutuhkan dokumentasi yang jelas dan terinci, Aturkantorku hadir untuk mendampingi tim anda dalam mempersiapkan proses sertifikasi ISO pada perusahaan anda.

Silahkan menghubungi kami untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut di Aturkantorku@gmail.com atau Hotline WA ke 0812-10005154.

Aturkantorku, corporate secretary firm.

Share This