Cara menciptakan budaya kerja yang positif

Aturkantorku – Yuk! Ciptakan Budaya Kerja yang Positif

Memiliki budaya bukan hanya dimiliki ketika kita ada dalam suatu lingkungan sosial saja, Budaya juga penting ketika kita berada dalam lingkungan kerja. Dalam sebuah perusahaan, memiliki budaya dapat mempengaruhi kualitas pekerja dan kinerja mereka.

Ada beberapa cara untuk menciptakan budaya kerja yang positif dalam lingkungan kerja, berikut cara caranya :

Bersikap open minded terhadap pegawai Anda

Sebagai pimpinan, its OK untuk dekat dengan pegawai kita, bersikap terbuka dan tunjukkan kita peduli mereka. Ketika kita menemukan kesalahan pada pegawai kita, koreksi mereka dengan bijak bukan dengan marah-marah karena hal itu dapat membuat mereka semakin tertekan.

Buatlah Aktivitas Bersama

Buat lingkungan kerja yang nyaman untuk semua pegawai untuk dapat saling berbagi, doronglah mereka untuk mampu memiliki rasa untuk saling mendukung, baik dalam pekerjaan atau hal lain selama di lingkungan pekerjaan. Strategi ini mampu membuat setiap pegawai menjadi terhubung satu sama lain, dan bisa merasa bahwa mereka mendapatkan dukungan dari rekan kerja mereka.

Doronglah agar Pegawai dapat Membuat Keputusan Mereka Sendiri

Sebuah perusahaan yang baik selalu memberikan kebebasan bagi pegawainya untuk mengambil keputusan dengan cara mereka sendiri yang masih sesuai dengan aturan perusahaan.  Tetapi ketika rekan anda melakukan keputusan yang kurang tepat, berikan beberapa arahan sehingga kedepannya mereka dapat lebih baik lagi, tanpa membuat mereka merasa lemah dan tidak memiliki kebabasan.

Hormati Keyakinan Dan Suku dari  Pegawai Anda

Negara kita adalah Negara yang kaya dengan suku dan keyakinan, sangat mungkin kita memiliki pegawai maupun rekan kerja yang memiliki keyakinan dan suku asal yang berbeda dengan kita. Jadikan perbedaan ini menjadi hal untuk berbagi cerita. Selama anda menghormati orang lain, mereka pun akan menghormati kita sehingga lingkungan kerja yang sehat dapat tercipta.

Pekerjakan kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan

Apabila anda tidak ingin ada perbedaan dengan budaya perusahaan yang sudah berjalan, maka pekerjakanlah kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan. Tapi hal ini tidak semua dapat dilakukan oleh perusahaan, karena saat ini kebanyakan perusahaan lebih melihat kemampuan dan keahlian.

Sadarilah, Anda tidak bekerja Sendiri, Anda bekerja dalam Team

Jika anda ingin membangun budaya perusahaan yang baik, anda harus menyadari bahwa anda tidak sendiri, anda berada dalam team. Bahkan seorang CEO pun tetap melihat kepada pegawai mereka. Anda pun perlu dekat dengan pegawai dan saling berbagi. Bagaimanapun, mereka membutuhkan dukungan dari pimpinan mereka, dan itu adalah tugas anda.

Ambil Waktu untuk Melakukan ‘Break Time’ Bersama

Nah, di jam istirahat (break time) seperti ini, kita bisa membicarakan hal lain diluar pekerjaan. Sesekali ajaklah pegawai untuk makan siang bersama, berbincang hal-hal umum untuk membangun hubungan yang dekat antara pimpinan dan pegawai. Setelah jam istirahat selesai, kita bisa kembali membicarakan hal-hal pekerjaan

Itulah beberapa cara untuk menciptakan suatu budaya perusahaan yang positif, yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pemimpin perusahaan. Karena dimulai dari Anda-lah suatu perusahaan menjadi lebih baik. Jadi, awalilah terciptanya budaya yang baik, dengan menentukan BUDAYA PERUSAHAAN DAN KERJA seperti apa yang ingin dibangun.

Baca artikel lainnya disini

Aturkantorku, Corporate Secretary Firm

Share This