5 Tips Untuk Menginspirasi Team
Tips untuk menginspirasi team

Aturkantorku – Bekerja tidak hanya sekedar menyelesaikan tugas dan tanggung jawab saja, kita juga perlu bersosialisasi dengan team kita salah satunya dengan berkumpul dan sharing, seringkali suasana yang ada dikantor dapat menginspirasi kita untuk berkarya lebih atau malah bikin stuck!

Nah, biar nggak jadi stuck, kita sebagai pemilik bisnis perlu juga menginspirasi team kita. Seperti artikel yang ditulis oleh pendiri ProofHub yakni Sandeep Kashyap, ada 5 tips yang dapat dilakukan untuk bisa menginspirasi team agar dapat memberikan kinerja terbaik mereka.

Jadikan diri Anda terinspirasi terlebih dulu

Berikan satu contoh bahwa anda sangat bersemangat dengan pekerjaan anda. Diskusikan proyek-proyek dan rencana-rencana kedepan bersama team Anda,sehingga antusiasme dan semangat anda bisa ‘menular’ kepada team sehingga mereka punya alasan untuk  merasa tidak sabar mengerjakan proyek tersebut. Hal ini juga bisa “mengisi daya “ kembali rasa komitmen anda terhadap bisnis.

Sediakan rasa memiliki, makna dan tujuan dari pekerjaan yang dilakukan oleh team

Bagaimana agar team merasa semangat mengerjakan proyek maupun bisnis kita ? Bagikan tujuan dan misi kita terhadap bisnis dan proyek tersebut. Dengan kita membagikannya, maka team akan merasa memiliki dan memacu ide mereka untuk keberhasilan bisnis.

Dorong pergi rasa takut mereka

Jika kamu ingin mereka memberikan inovasi dari inspirasi mereka, kamu terlebih yang harus terinspirasi. Libatkan team kamu dalam obrolan kecil, cari tahu apa yang mereka suka untuk dikerjakan, kabar mengenai keluarga mereka, bahkan jauhkan rasa khawatir dalam diri mereka. Dengan cara seperti ini, anggota team akan semakin percaya diri memberikan ide dan inovasi mereka.

Baca juga : Cara Menciptakan Budaya Kerja yang Positif

Tunjukkan kalau Anda percaya kepada mereka,maka mereka akan menunjukkan hasilnya

Riset menunjukkan 69% karyawan akan bekerja lebih keras apabila hasil kerja mereka dipercayai dan dikenali. Team anda akan semakin terinspirasi apabila Anda memberikan kepercayaan dan perhatian terhadap proyek yang mereka kerjakan.

Hargai hasil kerja mereka

Coba untuk sesekali, tanpa direncanakan, berikan apresiasi hasil kerja team anda. Hal ini bisa menambah inspirasi mereka untuk berkarya lebih lagi.  Sebut nama mereka, apresiasi kualitas kerja mereka. Hal tersebut bisa memberikan efek positif yang memicu lingkungan yang menginsipirasi bagi team anda.

Mulailah memberikan inspirasi bagi Team Anda, karena kita tidak bisa berjalan sendiri, semangat sendiri, menyelesaikan tugas sendiri juga. Kita perlu team, mereka yang memiliki visi untuk memberikan yang terbaik di setiap pekerjaan dan tanggung jawab dalam bisnis kita.

Sudahkah Anda menjadi menginspirasi team Anda?

Aturkantorku, Corporate Secretary Firm

Share This