Business people….

Ketika suatu perusahaan, semisal perusahaan anda, ingin menyusun suatu standar prosedur (Standar Operasional Procedure/SOP), ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Apa saja itu ? Aturkantorku berikan sedikit informasinya ….

Harus ada Konsistensi

Suatu SOP harus dilaksanakan secara konsisten dari waktu ke waktu, oleh siapapun, dan dalam kondisi apapun oleh seluruh jajaran organisasi di perusahaan.

Ada Komitmen

SOP harus dilaksanakan dengan komitmen penuh dari seluruh jajaran organisasi, dari staff level yang paling rendah hingga tertinggi.

Ada Perbaikan yang berkelanjutan

Pelaksanaan SOP harus terbuka terhadap penyempurnaan-penyempurnaan untuk memperoleh prosedur yang benar-benar efisien dan efektif.

Bersifat Mengikat

SOP harus mengikat pelaksana dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur standar yang telah ditetapkan.

Seluruh unsur memiliki peran penting

Seluruh pegawai memiliki peran-peran tertentu dalam setiap prosedur yang distandarkan. Jika pegawai tertentu tidak melaksanakan perannya dengan baik, maka akan mengganggu keseluruhan proses, yang akhirnya juga berdampak pada proses operasional perusahaan.

Terdokumentasi dengan baik

Seluruh prosedur yang telah distandarkan harus didokumentasikan dengan baik, sehingga dapat selalu dijadikan referensi bagi setiap mereka yang memerlukan.

Yes, itu adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan, ingin diskusikan lebih lanjut, silahkan berkomentar atau dapat menghubungi Aturkantorku

Sharing is good

Share This