Perjanjian yang Sah Menurut Undang-Undang

Sebelum kita membahas apa saja yang harus diperhatikan agar Perjanjian dinyatakan Sah menurut undang-undang, kita lihat dulu apa sebenarnya pengertian Perjanjian itu.

Perjanjian adalah suatu perbuatan ketika satu orang atau lebih mengikatkan diri dengan satu orang lain atau lebih. Pengertian Perjanjian menurut KUHPerdata Pasal 1313 disebutkan bahwa Perjanjian adalah “Suatu perbuatan ketika satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang atau lebih”. Hal ini berarti perjanjian dijadikan sumber perikatan dari kesepakatan yang terjalin. Pada Pasal 1338 Ayat 1 KUHPerdata dinyatakan, “semua perjanjian dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya”.

Lalu, apakah syarat-syarat untuk sahnya sebuah perjanjian? Terdapat empat syarat untuk sahnya sebuah perjanjian menurut Pasal 1320 KUHPerdata, yaitu:

  1. Adanya Pihak yang Mengikatkan Diri
  2. Kelayakan Subjek Hukum untuk Membuat Perjanjian
  3. Terdapat Objek Hukum yang Diatur
  4. Memenuhi Syarat Subjektif dan Objektif

Bermacam-macam kepentingan setiap pihak dalam membuat suatu perjanjian membutuhkan jenis dan bentuk perjanjian yang sesuai dan diatur secara khusus. Bentuk perjanjian secara umum dibedakan menjadi dua bentuk yaitu: perjanjian bawah tangan dan perjanjian notariil.

Perjanjian sebaiknya dituangkan secara tertulis dan menggunakan bahasa yang dapat dimengerti dengan tepat oleh para pihak yang melakukan perjanjian. Karena perjanjian tertulis dapat digunakan sebagai alat bukti dan mencegah terjadinya sengketa atau permasalahan di kemudian hari yang biasa dikenal dengan istilah Wanprestasi.

Bagaimana membuat perjanjian yang sesuai dengan kebutuhan kita? Konsultasikan gratis dengan team kami di support@jasaparalegal.com atau hotline: 0812-10005154

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s