Akta Pendirian Notaris bagi Anak Perusahaan, perlu atau tidak?

Sebelum kita membahas mengenai anak perusahaan, sebaiknya mari kita lihat dulu apa pengertian Perseroan Terbatas atau dikenal dengan istilah Perusahaan dalam bisnis menurut Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”), yaitu:

Perseroan Terbatas adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang ini serta peraturan pelaksanaannya.

Pendirian Perseroan Terbatas (PT) harus dibuat dengan Akta Pendirian Perseroan Terbatas oleh Notaris.

Bertujuan memanfaatkan prinsip limited liability atau pertanggungjawaban terbatas, sebuah perseroan terbatas dapat mendirikan “Perseroan Anak” atau Subsidiary untuk menjalan kan bisnis “Perseroan Induk” atau Parent Company. Hal ini tidak diatur dalam UUPT melainkan pendirian “Perseroan Anak” atau Subsidiary mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 08/M-DAG/PER/2/2017 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 37/M-Dag/Per/9/2007 Tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Perusahaan, dimana pendaftaran anak perusahaan berlaku juga pendaftaran seperti perusahaan induknya sesuai bentuk badan usahanya (dalam hal ini Perseroan Terbatas).

Sehingga jelas bahwa pendirian Perseroan Anak, diperlukan juga untuk dibuat dengan Akta Notaris, terlepas dari apakah jenis bidang usaha Perseroan Anak sama atau berbeda dengan Perseroan Induk.

Membutuhkan bantuan dalam pendirian Perseroan Terbatas dan pengurusan legalitas perijinannya, hubungi kami segera di support@jasaparalegal.com atau hotline 0812-10005154.

Acuan artikel : hukumonline.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s