Gerakan Nasional UMKM – Launching Mari Berdigital oleh bDigital Asia Indonesia

Hari ini saya berkesempatan mengikuti suatu acara yang menurut saya cukup keren konsepnya. Acara ini diadakan oleh salah satu perusahaan local di Indonesia yang visi dan misinya adalah membantu pelaku usaha kecil dan menengah untuk menciptakan teknik penjualan yang lebih efektif dengan menggunakan media digital berbasis internet.C360_2016-08-24-12-01-53-613

Yang menarik adalah karena target pasar atau customer perusahaan ini adalah pelaku atau pemilik bisnis UKM / UMKM. Dari segi sosial hal ini sangat membantu dan memberikan efek positif kepada pelaku bisnis UKM / UMKM untuk lebih mandiri lagi dalam upaya meningkatkan dan memperluas jangkauan penjualan produk atau jasa mereka karena menggunakan media internet dalam melaksanakan penjualannya.

Kembali ke bagian kenapa menurut saya kegiatan yang dilaksanakan hari ini cukup keren, karena pada acara ini berkumpul hampir 500 pelaku / pemilik bisnis UKM / UMKM yang terlihat cukup antusias ingin mengetahui apa itu Mari Berdigital yang diluncurkan hari ini.

Selama ini saya sering bertemu dengan banyak calon Klien, yang berkonsultasi bagaimana teknik marketing dan promosi yang baik dan tepat untuk mengiklankan atau memperkenalkan produk atau jasa yang mereka jual, hanya kadang-kadang agak sulit diterka apa yang menjadi fokus mereka dalam upaya meningkatkan penjualan produk / jasa yang mereka jual. Saat saya jelaskan bahwa sangat penting agar produk / jasa yang mereka miliki itu dikenal dan diketahui oleh pasar atau calon pembeli.

Bagaimana caranya? Ya sudah tentu, cara yang paling murah dan efektif adalah dengan melaksanakan teknik digital marketing melalui internet. Karena bagi pengusaha UKM / UMKM yang baru saja mulai berusaha, modal yang ada pasti pas-pas-an, sehingga untuk melaksanakan teknik marketing, dengan mempekerjakan pegawai untuk menjadi Sales atau Marketing pasti cukup berat, karena itu teknik marketing melalui digital marketing dengan menggunakan internet menurut saya cukup tepat dijalankan. Tetapi setelah diinformasikan kembali biaya yang mungkin diperlukan untuk melakukan teknik digital marketing ini, langsung saja calon Klien tersebut merasa, kemahalan lah, belum tentu efektif lah, rasanya saat ini belum perlu, dan berbagai macam alasan lain.

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini menurut saya sangat bermanfaat untuk membuka wawasan kepada seluruh pelaku atau pemilik bisnis UKM / UMKM untuk mulai beralih ke teknik marketing tradisional ke teknik marketing modern melalui media internet.  Oya for your info, teknik internet marketing modern tidak selalu harus mahal, jika dibandingkan antara biaya yang dikeluarkan untuk internet marketing dan pendapatan yang mungkin akan masuk setelah itu (usaha saya sendiri sudah melaksanakannya, dan buktinya sudah cukup nyata lho). Mungkin biaya awal bisa cukup besar karena baru tahap awal perkenalan untuk meraih calon pembeli, tetapi setelah calon pembeli berubah menjadi pembeli tetap, budget untuk internet marketing dapat diturunkan, dan iklan yang dijalankan hanya untuk menjaga eksistensi saja untuk peningkatan kepercayaan pembeli. So, tunggu apa lagi, segera coba yuk…

Sukses untuk acara ini, semoga setelah selesai acara ini, target yang ingin dicapai oleh pelaksana kegiatan ini untuk meningkatkan awareness pelaku / pemilik bisnis UKM – UMKM untuk berdigital, dapat tercapai.

Sukses bagi bDigital Indonesia untuk Gerakan Nasional UMKM Mari Berdigital.

 

Semoga artikel ini bermanfaat yaaa… mau ngobrol atau diskusi dengan saya mengenai hal ini? yuk, email ke catherine@easyhelps.net atau via LINE id: catherine.ary J

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s