Pentingnya Pendaftaran Merek Dagang untuk StartUp Bisnis

Hai readers, selamat melaksanakan Ibadah Puasa ya bagi readers yang beragama Muslim. Semoga tahun ini ibadah puasanya bisa full dan amal ibadahnya berkenan pada Allah SWT.. FunWorking

Artikel saya kali ini ingin sedikit membahas mengenai StartUp Bisnis yang saat ini sedang booming di Indonesia khususnya Jakarta. Tapi saya tidak akan banyak membahas apa itu StartUp Bisnis, karena sudah sangat banyak artikel mengenai ini di internet.

Kali ini saya mau sedikit sharing mengenai apa pentingnya pendaftaran Merek Dagang untuk StartUp Bisnis, dan kira-kira bagian mana yang perlu didaftarkan.

Singkat kata: Dengan mendaftarkan merek dagang milik kita, tidak ada pihak lain dapat menggunakannya tanpa ijin. Sebagai contoh, coba bayangkan apa jadinya jika tiba-tiba nama yang sudah se-terkenal GOJEK dipakai oleh perusahaan penyalur tenaga kerja, yang jelas-jelas berbeda bidang usaha dengan GOJEK, tetapi menggunakan nama GOJEK hanya untuk mendompleng ketenaran merek/brand GOJEK yang sudah terkenal. Rugi deh si pemilik sah merek GOJEK. Nama mereknya di dompleng oleh orang lain tanpa ijin. Fyi, banyak banget lho kasus seperti ini sering terjadi, dan tidak kecil biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengatasi masalah ini. Nah, karena itu merek dagang kita perlu didaftarin.

Membahas lebih lanjut mengenai pentingnya pendaftaran merek dagang untuk StartUp Bisnis dan apa saja yang kira-kira bisa didaftarkan, yuk, baca lanjutan artikel ini.

Sebelum itu, berikut ini kira-kira pengertian StartUp Bisnis yang saya simpulkan dari bermacam-macam artikel di Internet. Pengertian dan istilah Startup Bisnis diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan, dengan menggunakan sistem teknologi berbasis internet dan komputer dalam pelaksanaan bisnisnya serta melaksanakan proses digital atau internet marketing untuk pengembangan bisnisnya, dimana jika fokus dapat menjadi sebuah bisnis berskala besar. Beberapa contoh StartUp Bisnis yang berhasil yaitu GOJEK, Bukalapak, dsbnya.

Lalu sekarang, apa perlunya StartUp Bisnis mendaftarkan merek dagangnya?

Sama halnya dengan kita memiliki tanah/property, usaha / bisnis baik di bidang jasa maupun perdagangan merupakan ASET milik kita. Karena ini adalah ASET, maka patut kita jaga dan lindungi.

Contoh: Kita memiliki tanah/property, tapi kita tidak punya dokumen bukti legalitas bahwa tanah tersebut adalah milik kita, sehingga suatu hari ada orang lain yang meng-klaim tanah itu miliknya, kita tidak mempunyai kemampuan apapun untuk mengakui tanah itu adalah milik kita, karena kita tidak punya bukti legalitas.

Sama seperti aset tanah/property perlu memiliki dokumen legalitas untuk memastikan bahwa aset tersebut adalah milik kita, usaha / bisnis kita pun perlu mempunyai suatu identitas dan legalitas yang jelas dan sah sehingga dapat terbukti nyata bahwa usaha / bisnis tersebut adalah sah milik kita.

Kemudian muncul pertanyaan: Saya sudah memiliki legalitas untuk usaha / bisnis saya yaitu saya sudah mendirikan perusahaan berbadan hukum misalnya Perseroan Terbatas (PT) dan sudah memiliki Surat Keputusan pendirian PT dari Kementerian Hukum dan HAM, apakah masih perlu juga mendaftarkan merek dagang?

Jawabannya: Pasti masih perlu, karena yang didaftarkan untuk Merek Dagang adalah nama dari produk / jasa yang kita jual.

Contoh: Nama produk/jasa kita adalah Restaurant “BURGER ENAK” dan nama perusahaan kita adalah PT Makan Minum Enak Indonesia, nah yang kita perlu daftarkan mereknya adalah “BURGER ENAK” didaftarkan sebagai milik dari PT Makan Minum Enak Indonesia.

Jika suatu hari ada pihak yang bukan merupakan bagian dari PT Makan Minum Enak Indonesia tiba-tiba membuka suatu restaurant dengan nama “BURGER ENAK”, PT Makan Minum Enak Indonesia dapat memberi peringatan kepada pihak tersebut untuk tidak menggunakan nama itu, karena nama “BURGER ENAK” telah didaftarkan oleh PT Makan Minum Enak Indonesia di Ditjen Kekayaan Intelektual sebagai miliknya.

Apakah pendaftaran merek dagang bisa dilakukan atas nama orang pribadi? Yess, tentu saja bisa. Jadi mendaftarkan merek dagang tidak hanya oleh badan hukum semacam PT atau CV saja, tetapi orang pribadi pun bisa.

“Pasal 3 Undang-Undang Merek No.15 tahun 2001 disebutkan bahwa hak atas Merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada pemilik Merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri Merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya”.

Jelas banget kan bunyi pasal itu, merek yang kita daftarkan adalah milik eksklusif pendaftar, dan hanya kita yang dapat menggunakan merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya. Jadi dengan didaftarkan, tidak sembarangan orang boleh menggunakannya.

StartUp Bisnis yang saat ini sangat merajai dunia digital / internet marketing dan sebagian besar perusahaan StartUp ini berhasil dalam melaksanakan bisnisnya, banyak yang belum sadar atas pentingnya pendaftaran merek. Padahal dunia digital sangat luas dan rata-rata adalah industri kreatif seperti desain gambar, desain logo, portofolio, foto-foto, musik, lagu, suara-suara, dsbnya, semuanya ini dapat didaftarkan Hak Kekayaan Intelektualnya, bahkan bisa saja bukan hanya Merek dagang tetapi juga hak Cipta ataupun Paten.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai apa saja yang perlu ataupun tidak perlu didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual-nya untuk bidang usaha / bisnis kita agar tidak salah daftar, kalian dapat berkonsultasi dengan Konsultan HKI, ataupun bisa langsung ke kantor Ditjen Kekayaan Intelektual di Jakarta.

Biaya pendaftaran tidak mahal dan sangat terjangkau jika dibandingkan dengan biaya kerugian yang mungkin timbul jika kita tidak mendaftarkan merek dagang usaha / bisnis milik kita, apalagi usaha / bisnis tersebut punya potensi besar untuk berkembang menjadi sumber penghasilan jangka panjang.

So, pemilik StartUp Bisnis, saran ku, sebaiknya cepat-cepat berkonsultasi dengan mereka yang expert di bidang perlindungan merek dagang ini, jadi usaha / bisnis yang sudah susah payah kalian rintis dapat dilindungi oleh Negara.

Semoga artikel ini bermanfaat yaaa… mau ngobrol atau diskusi dengan saya mengenai hal ini? yuk, email ke catherine@easyhelps.net atau via LINE id: catherine.ary 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s