Perlukah Menambah Pegawai?

Berapa banyak jumlah staff yang sebenarnya anda butuhkan? mengapa rasanya staff yang anda miliki sekarang terasa terus saja kurang? mengapa rasanya staff yang ada sulit mencapai kompetensi kinerja yang sesuai dengan harapan anda?

Yang terjadi selama ini adalah anda terus-menerus merasakan bahwa perusahaan memerlukan lebih banyak staff untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan administratif yang selama ini terbengkalai dan tidak kunjung terselesaikan. Tumpukan pekerjaan anda rasakan berada di pundak anda seorang sebagai pimpinan atau bahkan sebagai pemilik perusahaan.

Nanti dulu, sebelum anda memutuskan untuk menambah jumlah staff di perusahaan anda, sebaiknya analisa terlebih dahulu, apa penyebab utama sehingga hal-hal tersebut terjadi. Ada beberapa hal yang mungkin terjadi, tetapi tanpa anda sadari, satu-satunya solusi yang menurut anda merupakan jalan keluar mengatasi masalah di perusahaan anda adalah dengan penambahan Staff.

Perhatikan baik-baik, penambahan staff bukan merupakan satu-satunya solusi mengatasi masalah yang anda hadapi. Dengan menambah jumlah staff, berarti anda menambah jumlah fixed cost perusahaan. Pemberian gaji, pemberian fasilitas kesehatan, tunjangan hari raya, bonus dan lain sebagainya merupakan sebagian dari biaya pengeluaran yang anda perlu perhitungkan untuk mempekerjakan sejumlah orang staff baru. Yang sering terjadi pada perusahaan selama ini, jumlah supporting staff melebihi jumlah money maker staff, padahal sebenarnya suatu perusahaan akan berkembang lebih baik jika memiliki komposisi yang tepat dalam struktur organisasinya. Komposisi yang tepat disini adalah suatu perusahaan sebaiknya memiliki 60% money maker staff, 30% supporting staff, dan 10% policy maker.

Dapat dilihat bahwa sumber income perusahaan ditentukan dari berapa banyaknya money maker staff yang anda miliki pada perusahaan anda. Sebelum memutuskan untuk menambah staff, ada baiknya jika anda menganalisa dahulu apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan anda dan perusahaan.

Tidak ada salahnya memutuskan untuk menambah staff, tetapi sebelumnya sebaiknya anda terlebih dahulu menyusun suatu tolak ukur mengapa perusahaan anda memerlukan penambahan jumlah staff. Perasaan yang timbul karena merasa perusahaan anda memerlukan tambahan staff kerap kali muncul pada saat anda merasakan banyaknya pekerjaan-pekerjaan yang tidak terselesaikan sesuai deadline, atau banyaknya pekerjaan-pekerjaan yang terlewatkan dari pengawasan anda.

Nah sekarang, bagaimana cara mengukur dan menilai bahwa perusahaan anda memerlukan tambahan staff? Hal pertama yang wajib anda pikirkan adalah, apakah perusahaan anda telah melakukan proses rekrutmen yang sesuai dengan visi, misi dan value perusahaan anda? Sudahkan anda memiliki suatu guidelines atau arahan (Standard Operating Procedures) bagi seluruh pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya? Apakah anda telah memiliki job descriptions yang jelas bagi masing-masing posisi jabatan yang ada di perusahaan anda? Apakah anda melaksanakan performance evaluation yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan? Bagaimana hasil akhir suatu performance evaluation dapat mempengaruhi anda untuk mengambil keputusan-keputusan yang bermanfaat bagi perusahaan anda?

Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut wajib anda jawab terlebih dahulu sebelum anda mengambil keputusan untuk melakukan penambahan jumlah pegawai. Proses rekrutmen yang baik dan benar akan membantu anda menemukan personil-personil yang memadai yang sesuai dengan tujuan perusahaan anda.

“People are not your most important asset. The RIGHT people are” (Jim Collins).

 

Feel free to chat with me if you find this article is interesting contact me at catherine@easyhelps.net

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s