Tips Berbisnis dari Bapak Bob Sadino

Saya sangat kagum dengan sosok Alm. Bapak Bob Sadino. Kegigihan dan cara beliau menjalankan usaha bisnisnya sejak dibangun hingga menjadi salah satu bisnis yang berhasil meskipun hingga saat ini, saat dimana beliau tidak lagi ada sebagai seorang pimpinan yang dapat memberikan arahan kepada seluruh pegawainya karena beliau telah berpulang ke peristirahatan terakhir, bisnisnya tetap dapat berjalan lancar bahkan mampu menghidupi ratusan pegawai dan keluarganya.

Saat ini saya mau sharing tips-tips berbisnis beliau yang saya himpun dari beberapa artikel yang saya baca diinternet. Semoga bermanfaat.

  1. Realisasikan ide

Punya banyak ide bisnis memang sangat bagus, namun terkadang orang takut untuk merealisasikan ide-ide tersebut. Intinya jangan takut untuk mulai mewujudkan ide yang dimiliki, realisasikan ide kamu meski itu hanya ide kecil. Segala sesuatu yang besar harus dimulai dari langkah kecil.

  1. Jangan terlalu banyak analisis

Bisnis memang urusan hitung-hitungan. Berapa besar keuntungan dan berapa besar kerugian. Menurut Om Bob melakukan analisis dalam berbisnis boleh saja, tetapi jangan terlalu berlebihan. Biasanya karena takut rugi atau gagal orang jadi takut untuk memulai usaha atau bisnis. Just do it! Urusan untung-rugi tergantung seberapa besar tekad dan usaha yang kamu lakukan.

  1. Kesuksesan tidak datang secara instan

Masyarakat di Indonesia rata-rata mudah terlena dengan kesuksesan instan yang biasa dipertontonkan di TV. Segala sesuatu yang didapatkan dengan instan akan hilang dengan mudah juga. Sukses tak bisa diraih tanpa melalui jalan panjang dan berliku. Jika kamu menemui hambatan dan kegagalan, jangan takut untuk mencoba kembali.

  1. Punya mimpi besar

Bermimpi itu gratis. Maka bermimpilah sebesar mungkin dan teruslah berusaha untuk mewujudkannya. Mimpi-mimpi yang dimiliki akan membuat kamu termotivasi dalam meraih kesuksesan.

  1. Berpikiran Positif

Thomas Alfa Edison melakukan 999 kali percobaan tetapi masih gagal. Beliau berkata, “Aku berhasil menemukan 999 cara yang gagal dalam pembuatan lampu.” Dengan berpikir postif akan memudahkan langkah kita dalam menyelesaikan setiap masalah yang akan datang menghampiri.

  1. Utamakan kualitas dan kepuasan pelanggan

Menurut Bob Sadino kualitas produk atau jasa yang ditawarkan faktor penting dalam berbisnis. Jangan pernah mengecewakan pelanggan meski kamu harus mengalami kerugian untuk membahagiakan mereka. Karena dari kepuasan pelanggan maka sebuah bisnis baru bisa meraih kesuksesan.

  1. Fokus dan tak setengah-setengah

Jika sudah berkomitmen untuk memulai suatu bisnis maka kerjakan dengan fokus dan tidak setengah-setengah. Menurut Om Bob jangan pernah memulai bisnis baru jika bisnis sebelumnya belum sukses. Mengerjakan beberapa bisnis sekaligus akan membuat fokus terpecah dan hasilnya tak akan maksimal. Kerjakan dulu satu bisnis sampai lancar dan sukses, baru kamu memulai bisnis lainnya.

  1. Kerja keras dan kerja cerdas

Kerja keras untuk meraih kesuksesan merupakan hal wajib, tapi tak boleh dilupakan bahwa kerja keras harus dibarengi dengan kerja cerdas. Jangan melupakan strategi dalam berbisnis agar semuanya lebih efisien dan efektif. Apakah kamu sudah bekerja cerdas?

  1. Jadilah orang baik

Perilaku baik yang kamu tunjukkan akan menjadi salah satu nilai tambah saat berbisnis. Masyarakat akan menaruh kepercayaan besar jika kamu punya kelakuan yang baik dan sopan. Percuma jika punya produk atau jasa yang bagus tetapi sikap dan kelakuan kamu terhadap orang lain buruk, orang akan malas untuk berurusan denganmu.

  1. Libatkan Tuhan YME dalam setiap usaha

Sudah melakukan semua tips di atas tidak menjamin kesuksesan kamu. Selalu libatkan Tuhan YME dalam setiap aktivitas yang dijalankan agar semuanya berjalan lancar dan segala yang kamu kerjakan bisa membuahkan hasil yang baik.

Source: SmartMoney

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s