SOP yang benar dan tepat, Menunjang Bisnis Anda menjadi Autopilot

Saya baru saja kembali dari fun dinner dengan teman-teman saya semasa sekolah di Senior High School belasan tahun yang lalu. Kami duduk bercanda bercerita sambil tertawa-tawa dengan senangnya di sebuah Restaurant Middle Class di salah satu mall terkenal di daerah Jakarta Pusat.

Kenapa saya sepulang dari sana ingin menuliskan artikel ini, adalah tidak lain karena saya cukup kagum dengan organization/ pengaturan yang teratur dan manis dari Restaurant tersebut.

Sudah hampir tengah malam, tetapi pengunjung tidak terlihat capek untuk datang dan menikmati makanan ataupun sekedar minum di restaurant tersebut. Saya berpikir alangkah asyiknya jika memiliki bisnis yang tidak pernah tidur seperti bisnis yang dijalankan restaurant ini. Untuk taste makanan dan minuman di restaurant itu, menurut lidah saya, tidak terlalu istimewa, ya paling tidak untuk jenis makanan yang kami order, masih ada restaurant lain yang taste makanannya lebih enak dan minumannya lebih asyik. Tapi restaurant ini tetap saja ramai pengunjung. Di tengah obrolan santai kami, saya mencoba memperhatikan dan memahami bagaimana situasi restaurant ini sehingga bisnisnya berjalan cool.

Beberapa hal yang saya temukan:

  1. Keteraturan cara peletakan semua perabotan di dalam restaurant, dari perabotan perhiasan dan pemanis dekorasi restaurant sampai keteraturan pengaturan peralatan makanan dan minuman, semuanya teratur dengan rapih.
  2. Keteraturan dan kerapihan cara penyajian makanan dan minuman, cara penyajiannya kepada customer, sangat manis dan rapih.
  3. Keteraturan, kerapihan dan ketangkasan seluruh pelayan (waitress), senyum keramahan, keceriaan memberikan pelayanan yang dilakukan oleh seluruh waitress yang ada.
  4. Aktifnya Store Manager menyapa masing-masing customer di tiap-tiap meja dengan meminta tanggapan atas kepuasan masing-masing customer dalam pelayanan yang mereka berikan, tanpa mengganggu malah mampu berinteraksi dengan simple dan santai dengan customer dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terarah dan tidak menyulitkan customer.
  5. Kemampuan seluruh waitress memberikan penjelasan atas makanan dan minuman kepada customer.

Saya yakin banget restaurant tersebut pasti memiliki suatu Standard Operating Procedures (SOP) yang tepat dan jelas sehingga seluruh bagian yang ada di dalam restaurant itu mampu menghasilkan kinerja yang maksimal.

Hal ini terlihat jelas dari kekuatan dan stabilitas bisnis restaurant ini.

Jadi, apapun bidang bisnis yang digeluti, dan jika bisnis anda ingin berkembang lebih maju, jangan pernah melupakan SOP. SOP yang benar dan tepat, membantu anda menjalankan bisnis dengan autopilot. Owner Bisnis Happy, Pegawai Happy, dan terutama Customer juga merasa Happy dan nyaman untuk berbelanja di Bisnis anda.

Feel free to chat with me if you find this article is interesting contact catherine@easyhelps.net

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s